120 Jakpreneur Ikuti Pelatihan Olahan Margarin dan Minyak Samin

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Jakarta Utara berkolaborasi dengan PT Asianagro Agung Jaya atau APICAL menyelenggarakan Pelatihan Olahan Margarin dan Minyak Samin yang diikuti sebanyak 120 Jakpreneur.

Sebanyak 80 peserta mengikuti pelatihan secara langsung (luring) di aula Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Utara dan 40 peserta lainnya secara daring (online).  

Peserta pelatihan diajarkan cara membuat dan menyiapkan lima resep makanan yaitu, nasi kebuli, mie goreng samin, donat, cake keju ekonomis dan croissant yang dipandu oleh chef berpengalaman.

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Jakpreneur yang menjadi solusi untuk menekan tingkat pengangguran. Selain bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri, juga dapat membuka kesempatan bagi orang lain, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

"Saya berharap seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius dan dapat memberikan manfaat untuk kelak menjadi wirausaha sukses. Pemprov DKI Jakarta akan tetap melakukan upaya lainnya sebagai perhatian kepada para Jakpreneur agar bisa bertahan dan berusaha di tengah pandemi COVID-19," ujarnya, saat membuka pelatihan

Andri menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat dan dunia usaha untuk bahu membahu membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan di Jakarta.  

Semangat persatuan dan kemanusiaan harus dijunjung tinggi demi meringankan beban pemerintah dan masyarakat meski dunia usaha juga menghadapi imbas pandemi COVID-19.

"Saya mengapresiasi sebesar-besarnya PT Asianagro Agung Jaya yang telah turut berperan aktif menstimulus pengembangan kewirausahaan secara terpadu dalam rangka menumbuhkan wirausaha baru dan mengembangkan UMKM. Kolaborasi ini sangat baik dan berarti dalam rangka mewujudkan Jakarta Maju Kotanya dan Bahagia Warganya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Utara, Gatot S Widagdo menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat berwirausaha dan membentuk UMKM.

Ia berharap, melalui pelatihan ini dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat terutama di masa pandemi saat ini.

"Adanya kegiatan kolaborasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar mereka mendapat ilmu baru untuk pengelolaan makanan yang nantinya dapat dinikmati oleh pembeli," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam acara pembukaan pelatihan tersebut PT Asianagro Agung Jaya memberikan bantuan tiga gerobak dagang bagi peserta pelatihan tahun 2020 sebagai binaan unggulan dengan kriteria berproduksi setiap hari, aset dan omset meningkat.